/Festival Shalawat Jawa I

Festival Shalawat Jawa I

 

Festival Shalawat Jawa I Tahun 2018 ini diselenggarakan oleh Majlis Ta’lim Darul Hasyimi Pengda Yogyakarta dengan mengusung tema : “Dengan Berpadunya Shalawat dan Seni Budaya, Kita Tanamkan Kecintaan Pemuda terhadap Budaya Nusantara untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa dalam Menjaga Keutuhan NKRI”. Tema ini diambil dengan dasar bahwa shalawat merupakan aset seni budaya dan tradisi yang dimiliki Indonesia.

Dengan shalawat menjadi perekat yang menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, karena dalam shalawat selalu dipupuk rasa cinta kepada Rasulullah Muhammad SAW. Adanya tradisi kesenian shalawat ini merupakan bukti bahwa kehadiran Islam tidak menggerus budaya lokal, tapi justru mengisi, membaur dan saling menguatkan satu sama lain.

Diselenggarakannya Festival Sholawat Jawa adalah ungkapan rasa syukur sebagai cerminan cinta kasih dan kebahagiaan umat kepada Nabinya yang mulia, dan perwujudan cinta tanah air para pemuda melalui peringatan Sumpah Pemuda. Festival Sholawat Jawa mencoba menebar ajaran Islam yang Rahmatan lil „Alamin dan menumbuhkan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW serta untuk meneladani akhlak Rasulullah.

Dengan dasar kecintaan kepada Rasulullah SAW ini akan semakin menambah nilai-nilaikeimanan dan ketakwaan melalui cara pelestarian budaya bangsa warisan para leluhur dan pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga, generasi penerus semakin terpacu untuk menggali sejarah islam terutama para auliya‟ dan perjuangan
bangsa dengan menumbuhkembangkan nilai-nilai moral kepahlawanan dengan mengenal peristiwa kejadian sejarah dan situs peninggalan sejarah dan memiliki keinginan kuat untuk menjaga stabilitas dan keharmonisan bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Repubik Indonesia

Festival Shalawat Jawa merupakan lomba shalawat tingkat nasional yang memperebutkan Piala Presiden untuk Pemenang Utama. Dalam perlombaan ini pemenang dibagi menjadi Pemenang Utama, Kedua, Ketiga, Harapan I, Harapan II, Vocal Favorit,dan Performance Terbaik. Juri Festival ini terdiri dari beberapa orang yang kompeten tingkat nasional.

Festival ini terbuka untuk umum, dibatasi minimal 40 grup, dengan personel maksimal 20 orang per grup. Adapun grup yang bisa mendaftarkan diri adalah majlis ta’lim, majlis shalawat, pengajian ibu-ibu, pondok pesantren, pelajar, mahasiswa, dan berbagai majelis keagamaan yang ada di masyarakat. Festival ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, mulai tanggal 17 – 19 Oktober 2018 M atau 8 – 10 Rabi’ul Awwal 1440 H.

Untuk Formulir dan Pendaftaran Peserta, silahkan langsung pantau dan berkunjung ke www.festivalshalawatjawa.com